LO’I BORE RAHASIA CANTIK WANITA BIMA

Saat ini sudah banyak produk yang bisa digunakan untuk melindungi kulit dan wajah dari sengatan matahari. Mulai dari produk yang berbasis tradisional sampai produk yang berbasis modern. Perkembangan teknologi saat initidak membuat masyarakat di Daerah Bima khususnya di Wawo meninggalkan warisan budaya yang sudah turun-temurun. Masyarakat disana masih mempertahan tradisi nenek moyangnya dalam menggiling padi, menyimpan sembako sampai untuk kecantikan.

Lo’i Bore sebutan masyarakat pada obat yang berhasiat untuk melindungi wajah dari sengatan matahari. Lo’i Bore merupakan ramuan tradisonal masyarakat Bima yang termasuk warisan budaya. Lo’i Bore yang terbuat dari campuran beras, kapur sirih dan buah pinang dipercayai oleh masyarakat Bima sebagai rahasia cantik karena membantu mengencangkan kulit sekaligus melindungi wajah dari sengatan matahari. Berikut ini merupakan kandungan-kandungan dan manfaat bahan yang ada dalam lo’i bore:

Beras mengandung inositol dan vitamin E. Inosol berfungsi membantu pembentukan sel  dan memperlambat penuaan dini. Sedangkan vitamin E berfungsi menghaluskan kulit agar kulit terlihat lebih cantik dan bersih. Manfaat lainnya dari beras adalah kulit bebas kuman dan noda hitam serta berfungsi sebagai pelembab, melancarkan peredaran darah di wajah, sekaligus sebagai antioksidan bagi kulit. Lo’i bore juga mengandung kapur sirih yang berguna untuk wajah. Salah satu manfaat dari kapur sirih yaitu bisa mengatasi masalah flek hitam di wajah.

Buah pinang secara kimiawi mengandung zat tannin yang bersifat karminatif, dimana zat ini dapat membatu mengecilkan pori-pori kulit. biji pinang ini juga bisa menghasilkan senyawa arekolin yang sangat baik bagi kesehatan kulit karena mampu membentuk lapisan kolagen. Manfaat lain biji pinang yakni  mengandung zat antibakteri yang mampu membasmi jamur serta merangsang pembentukan pigmen pada kulit. Selain itu Proantosianidin yang terkandung dalam pinang mempunyai efek antibakteri, antivirus, antikarsinogenik, anti-alergi.

Sekian resume singkat mengenai penggunaan bahan alami dalam kosmetik yang digunakan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *